Pages

Mesin Pencari MEMEX, Lebih Canggih dari Google ?


Ada mesin pencari terbaru bernama MEMEX, dan lebih canggih dari mesin pencari Google ? wow. MEMEX adalah singkatan dari Memory and Index. Belakangan ini Memex sangat hangat diperbincangkan di forum programmer dan pro surfer. Mungkin kalian belum pernah mendengarnya maka dari itu saya membuat postingan ini.
Mesin pencari ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika (Pentagon). Mesin Pencari ini telah diuji di Kementrian negara bagian Amerika Serikat terkait perdagangan manusia, Memex sendiri saat ini masih dalam pengembangan dan tengah difokuskan untuk memerangi perdagangan manusia. Namun dia belum mengetahui kapan dan apakah Pentagon akan merilis proyek tersebut untuk publik. 


   Dengan Mesin pencari Memex dapat ditemukan informasi secara akurat, Itulah mengapa para surfer memanggilnya "Dark Web" karena kemampuannya mengindeks informasi yang bersifat privasi. Banyak yang mengatakan bahwa Memex adalah Kebalikan dari Google. Kita masih belum mengetahui motif dibalik pengembangan mesin pencari ini,  atau bahkan Mesin Pencari ini hanya akan digunakan oleh beberapa instansi saja seperti Pemerintah.


   Bukan hanya dari sisi pengguna internet, pemilik layanan teknologi diyakini juga akan memberikan perlindungan serupa. Termasuk Pentagon, jika akhirnya merilis Memex untuk publik. Pentagon melalui lembaga Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mulai mengembangkan proyek Memex enam bulan lalu. Proyek ini diprediksi akan menjalani proses riset selama tiga  tahun. 



Sumber :
http://tekno.liputan6.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar